Thursday, October 10, 2013

Mengenal Type Lisensi Microsoft Windows


Mengenai OEM (Original Equipment Manufacturer):

- OEM adalah lisensi software Microsoft yang didapat bila Bapak membeli computer dengan software legal yang pre-installed.
- Hanya berlaku dalam pembelian PC/Laptop baru (new).
- Software Windows & Office yang diinstall di computer pada saat pembelian ter-lisensi dengan OEM atau System Builder software.
- OEM hanya dapat digunakan pada computer dimana software tersebut diinstall.
- Lisensi OEM tidak dapat dipindah-gunakan (non-transferable) ke PC/laptop lainnya, karena “melekat” pada motherboardnya. Bila terjadi pergantian motherboard dalam suatu PC/Laptop, maka berarti OEM sebelumnya dinyatakan hangus.

Untuk jelasnya, mengenai hal ini dan pertimbangan pembelian lisensi Windows secara volume dibandingkan dengan OEM, Product Rights & Activation-nya, bisa refer ke link berikut:

Mengenai FPP (Full Packaged Product):
- FPP direkomendasikan untuk personal/home use dan untuk usaha/bisnis dengan jumlah PC di bawah 5 buah.
- Case-nya berbentuk kotak, dengan Certificate of Authenticity (CoA) yang melekat pada box tersebut. Jadi harus menyimpan box-boxnya dengan baik agar CoA-nya tidak hilang.
- Lisensi software Microsoft FPP dapat dipindah-gunakan (transferable), hanya bila original components-nya semua juga dipindahkan (transferred) bersama dengan lisensinya tersebut.
- Bila software tersebut,dipindahkan dari satu PC/Laptop ke lainnya, maka lisensinya juga ikut pindah. Di beberapa kasus, license agreement hanya dapat berlaku untuk satu kali transfer (one-time transfer)

Mengenai Microsoft Volume Licensing:
- cara mudah untuk melisensikan multiple copies of software
- Tersedia dalam paket harga volume yang menarik (Open License dapat lebih efisien dari segi harga s/d 20% dibandingkan FPP)
- Lebih mudah untuk manage inventory-nya, dengan meniadakan banyak CD/DVD instalasi, CD-ROM & dokumentasi
- License-nya berbentuk online, dan bisa di-akses melalui internet dimanapun Anda berada, dan hanya diperlukan 1 media instalasi, yang dapat di-download dari license online tersebut.
- Terdapat pilihan untuk membeli SA (Software Assurance). Software Assurance adalah lisensi tambahan pada satu lisensi software tertentu, untuk bisa (eligible) mendapatkan versi terbaru dari software yang dibelinya. Biasanya dibeli bersamaan pada saat pembelian lisensi volume produk tertentu, atau maksimum sebelum 90 hari masa pembelian software yang berkaitan.

Untuk lebih detailnya, bisa dilihat di link Microsoft Volume Licensing (www.microsoft.com/licensing), atau dengan meminta penjelasan lebih jauh dari partner kami, dimana Bapak membeli lisensi Microsoft.

Mengenai lisensi Office, bisa refer ke:http://office.microsoft.com (versi Indonesia:http://office.microsoft.com/id-ID)


0 comments :