Tuesday, October 08, 2013

SEO Tips : Apa yang Disukai Google dan Apa Yang Tidak

Dear Readers ..

Jika Anda perhatikan ada beberapa artikel di Blog saya ini punya Page Rank bagus, artinya untuk keyword yang terkait, artikel saya ada di halaman pertama pencarian Google, kalau tidak di 5 besar. Padahal banyak artikel sejenis dengan keyword sejenis yang umur artikelnya jauh lebih tua, dan situs/blog nya jauh lebih "besar".

Contoh artikel itu adalah :

1. Artikel "Hukum MLM dalam Pandangan Islam Islam " . Untuk Keywords "Hukum MLM Dalam Islam" atau "Hukum MLM Islam", artikel saya ini pasti masuk 3 besar atau paling tidak di halam pertama  hasil search Google.
2. Artikel "http://www.teknoislam.com/2005/03/prihatin-atas-bisnis-anne-ahira.html" untuk Keyword "Anne Ahira" , artikel ini hanya kalah dari 3 situs Anne Ahira Sendiri.
3. Artikel "http://www.teknoislam.com/2012/04/5-aplikasi-productivity-wajib-pengguna.html" untuk keyword "Aplikasi Kantor Ipad" atau "Aplikasi Productifity Ipad" , artikel ini selalu masuk 3 besar.

Itu haya beberapa, banyak artikel lain yang juga punya "prestasi" yang sama.

Apa yang jadi rahasianya ??
baik, kita masuk ke bagian serius. Saat ini internet gtraffik hanya dan HANYA dikuasai oleh Google. Jadi variabel apa saja yang lewat di Internet, harus secara sadar mesti disukai oleh Google, dan secara sadar menghindari apa yang tidak disukai Google.

Apa yang Tidak di sukai Google ?

1.  Backlink banyak, satu kali beli dari penyedia backlink murahan. Benar, Google me-rating artikel dan blog kita juga salah satunya berdasarkan link, dan back link. Tapi tunggu, Link dan Backlink apa saja ? Yang banyak (quantity) atau yang bagus (quality). Yang banyak jelas banyak situs yang membuka layanan tukaran link gratis, sehingga dengan cepat ribuan bahkan jutaan blog-blog baru, atau lama tapi dengan gaya asal-asalan untuk bergabung, kemudian menjual link bejibun itu untuk yang mau beli. Harga ? Paling mahal $5 untuk seribu backlink !!! HAHAHAHA ... Ini sangat tidak disukai Google.  Mau tahu mana penjual backlink itu.. tanya om Google dah..

2. Menggunakan Social Bookmarking. Contoh Social Monkee. Social bookmarking hanya berguna untuk super low quality keyword. Jangan menggunakan ini, banyak yang di Banned oleh Google.

3. Membangun Backlink dari Squidoo atau HubPages.Squidoo punya cara yang menarik untuk membrikan ranking pada artikel berdasarkan comments, traffic, SEO, updates dll,  So if you’re doing an article just to get a backlink from them, you’ll be banned by Google immediately.
On the other hand, Hubpages isn’t that strict with their users, and all my articles are still there (with PR 1 or even PR 2 already), but if the article you submit fails to get some traffic for a few weeks, they’ll idle it and it won’t appear on search engines anymore (no page rank juice from that backlinks). Sorry terlena dengan bahasa Inggris hehehe..

Nah sekarang bagian yang terbaik dari artikel , apa yang disukai oleh Google ?

1.  Exact Match Domain. EMD, Domain dengan nama domain yang menggambarkan isi dari blog / situs Anda. Otomatis, jika kita punya artikel yang diluar sana ternyata ada banyak sejenisnya baik judul content atau keyword, mka EMD ini akan berlaku. Siapa yang punya nama domain yang paling dekat dengan keyword, itu pemenangnya.


2. Freshness (apa yah di Indonesiakan, keterbaharuan Blog/situs hehehe susah amat). Google suka kalau kita konsisten dan teratur nge-blog. tapi paling suka dengan blog yang sering diupdate dan itu juga teratur. Let say, 5 artikel per-hari will be pretty !

3. Quality Content. Main Rules are : Content, content and content. Ada 2 jenis situs/blog berdasarkan cara nya menjadi populer. Pertama Brand Awareness. Situs seperti Detik.com, Facebook, Twitter, Mashable, mereka ngetop bukan karena Google. Bahkan google kecipratan iklan dari mereka. mereka brand yang ada karena konsep dan awereness yang memang menarik. Kita tidak akan menuju situs mereka dengan lebih dahulu melakukan search pada Google. Kita akan langsung meluncur ke domain mereka.
Kemudian ada blog yang memang kepopuleran nya dibangun berdasarkan index search dan page rank Google, based on kualitas artikel. Blog macam blog saya ini heheheh...
Content yang baik adalah yang banyak, sering di buat dan di update berkala, dan teratur se-teratur mungkin.  Banyak artikel , artikel bagus, tidak ada broken link, disertai gambar dan video yang bagus, teratur setiap hari hahhaha...Ini yang disukai Google.

4.  Google itu Narsis. Mencintai dirinya sendiri. So content kita harus mengutamakan produk Google. Mulailah ngeblog di Blogger.Com, Aktifkan Google+ lalu aktifkan Tombol +1 pada blog Anda, aktifkan google+ Comment untuk komentar blogger, masukkan video terkait artikel tentunya video dari youtube, subscribe service menggunakan Gmail, hosting photoblog di Picasa, dan set dwonload link storage pada Google Drive ! They'll love you ! And of course your blog !

5.  Networking berkualitas. Seringlah mnegunjungi blog dan situs sejenis yang sudah punya PR tinggi, PR2 keatas. Karena semakin banyak link artikel dan blog kita di halaman Komentar blog ber-PR tinggi, itu yang dimaksud link berkualitas, dan akan segera Anda rasakan perbedaannya !

Semoga bisa banyak membantu. Mari kita nge-blog sehat dan sejahtera hahahaha..

WasSalam

1 comments :

Wahhh bener nih apa kata master nya
Google narsis haha