ERP : Apa itu ERP

ERP adalah software. Bisa berjalan sebagai aplikasi desktop, bisa juga sebagai webapps (aplikasi web), dan biasanya punya aplikasi mobile...

Monday, January 20, 2014

Blogger Atau Wordpress Yang Lebih Baik Untuk SEO?


Saya cukup sering menerima masukan bahwa terkadang artikel saya sangat panjang sehingga membuat pusing yang masih pemula. Itu sebenarnya karena saya mau membuat pembahasan yang cukup lengkap, tapi karena blog ini dibuat untuk membantu teman-teman, jadi saya akan mencoba membuat pembahasan-pembahasan singkatnya dan saya akan memulai dari Blogger atau Wordpress yang lebih baik untuk SEO.

Blogger atau Wordpress yang dominan untuk SEO?

Perlu teman-teman ketahui bahwa yang namanya mesin pencari itu tidak mengenal "jenis kelamin" blog. Semuanya diperlakukan sama sebagai halaman web. Jadi yang perlu anda lakukan saat memilih platform manapun adalah anda mampu untuk mengedit theme atau template dari blog anda sehingga memenuhi standar kualitas mesin pencari.

Apa standar Kualitas SEO dari Google?

Sebenarnya blog ini dibuat untuk membahas itu, dan karena SEO itu melibatkan banyak faktor maka akan terlalu panjang jika di jawab di sini. Anda bisa membaca rangkuman SEO dari beranda blog trikmudahseo ini dan mulai menyesuaikan blogspot ataupun wordpress anda dengan standar SEO yang sudah saya bahas.

Apa Kelebihan dan Kelemahan Blogspot?

Kelebihan Blogspot sebenarnya ada pada faktor gratis tapi semua fitur tersedia, dan itu yang pertama. Blogspot juga lebih mudah dipahami bagi pemula karena tampilannya lebih user friendly. Oleh karena itu banyak pemula yang memulainya dengan blogspot.
Mengedit template blogspot menjadi SEO friendly juga bisa jadi relatif mudah, karena panduannya cukup banyak di dunia maya. Hanya saja dalam hal pengembangannya cukup terbatas. Tidak sefleksibel dari Wordpress.

Apa Kelebihan dan Kelemahan Wordpress?

Tentu kebalikan dari yang di atas. Kalau anda mau memanfaatkan semua fitur Wordpress maka anda harus melakukan hosting. Cukup banyak yang mencari hosting gratis, tapi saya sendiri belum pernah mencoba hosting gratis apakah cukup aman atau sering bermasalah....

Kelebihan dari Wordpress adalah fungsi theme yang sangat fleksibel. Peluangnya nyaris tak terbatas untuk membuat fungsi apapun yang anda ingin tampilkan selama anda menguasai PHP untuk mengeditnya. Tapi fleksibilitas ini justru menjadi bumerang bagi pemula, karena fleksibilitas ini membuat theme yang tersedia menjadi sangat beragam. Sehingga pemula yang ingin melakukan edit theme bisa cukup kesulitan.
Jadi blogspot itu praktis dan gratis, sedangkan wordpress itu fleksibel dan memberi anda kendali lebih besar. Tapi untuk SEO..... sama saja.

Dari Blog SEO rekan "Ricky Pratama"

No comments:

My Blog Stats