Saturday, April 02, 2011

Pilih AppleTV atau WD TV Live Plus Media Player ?

Beberapa hari ini saya sangat senang mengumpulkan info mengenai media player. Karena saya orang yang sangat suka di rumah, maka cenderung ingin melengkapi home entertainment, agar benar-benar bisa menikmati tinggal dirumah :)
Tapi penting untuk mengetahui fitur dan sesuaikan dengan budget yang ada dan jelas tidak berlebihan.  Syarat untuk menjadi media player pilihan sebenarnya sdh ada di PC AIO HP ku, dengan XBMC didalamnya, tetapi untuk nonton film 720p sampai 1080p jelas lebih bagus saat di tonton lewat TV HD layar besar, dan kebetulan ada yg 37 Inch di rumah, mesti dimaksimalkan.
Syarat wajib yang mesti di penuhi antara lain :

  • Mendukung HDTV, minimal 1080p.
  • Mendukung format HD Video seperti MKV, MP4, H264
  • Ada port minimal HDMI, dan A/V composite
  • Mendukung External Storage, bila tidak terdapat Internal .
  • Ada output Audio Digital, minimal mendukung 3.1 Speaker
  • Ada koneksi internet port, minimal ethernet, bagus kalau mendukung usb-wifi dongle.
Syarat optional, lebih bagus bila terpenuhi :
  • Bisa melakukan Encode video sendiri
  • Bisa di oprek, minimal Plex dan XBMC bisa masuk ke ROM
  • Ada update firmware berkala.
  • Bisa "berhubungan " dengan OS diluar OS-Firmware
  • Bisa menjadi Media Streaming Server. Jadi bisa menjadi media center, iPad, iPod touch dan iPhone-ku bisa dipakai nonton streaming kencang dari sini.
Kandidatnya cuman ada 2 yaitu AppleTV dan Western Digital TV Live Plus.



Secara teknologi, Apple TV sangat menjanjikan. Apalagi dengan IOS 4.3 yang ada di semua perangkat Apple yg saya punya, maka Home Sharing, dan Air Play  akan sangat memudahkan, dimana hanya ada satu lokasi media yang akan menjadi Streaming server untuk semua device apple berbasis IOS 4.3. Dan ini terjadi tanpa menambahkan satu pun aplikasi selain IOS 4.3 sendiri.
Kekurangannya adalah, hanya mendukung format H264, MP4 , MOV, dan M4V saja. Untuk mendukung format populer lain di perlukan extra tenaga untuk jailbreaking (IOS 4.3 blom bisa di jailbreaking ke dalam AppleTV generasi terakhir seperti diatas). Jailbreaking hanya bisa di AppleTV generasi pertama, disana bisa di benamkan Plex dan XBMC. Selain itu saya bel;um tau apakah AppleTV ini supoort ecternal storage, selain NAS dan Storage yang memang di desain khusus untuk Apple device. AppleTV mempunyai built-in Airport dan Gigabit Ethernet, jadi untuk streaming ke internet masalahnya hanya satu , KONEKSI kita hahhhay!!
Untuk WD TV Live Plus, semua kekurangan Apple TV ada disini. Keunggulannya memang di flexibilitas dan compatibilitas media yang bisa di putar. Dan jangan salah si WD ini sudah jadi server streaming juga loh...dan mendukung usb-wifi dongle untuk streaming wireless di rumah.
Masalah budget, ke duanya tidak terlalu mahal, main di kisaran 1,2 sampai 2 jutaan, itupun sudah lengkap dengan HDMI Kabel dan A/V Composite cable-nya.
Yang mana yah ?????

1 comments :

asal bisa akses http://lihattv.com di media tersebut pasti asyik punya. gw pake xbmc dan bisa nonton tv streaming dunia, addons tersedia di lihattv.com