Sunday, April 17, 2011

Jangan Jujur di Internet

Saya tidak berbicara mengenai agama, salah atau tidak, wise or not tapi seharusnyalah Anda ikut saya, sesuai judul artikel ini.
Mengapa harus "Palsu", dan Palsu yang bagaimana ?
Beberapa waktu lalu saya pernah menulis di Blogsome mengenai jengkelnya saya dengan kepalsuan di Facebokk dan Social Network lainnya. Hampir semua berkepribadian ganda bahkan tripple kalau bukan banyak..Bukankah sarkastic kalau saat ini saya menyarankan Anda ber-palsu ria di Internet. Sekali lagi bukan itu maksud saya.

Jika maksud Anda ber-Social melalui FB, TW dll adalah untuk silaturrahiim it's OK, go ahead, that's not the point. The point is, jangan jujur jika mengenai DATA.
Data, ada di sekitar kita, data adalah entitas dan identitas kita. Data menunjukkan siapa kita, pola hidup kita, orang-orang disekitar kita, hobby kita yang berarti dimana kita sering menghabiskan waktu kita. Apa yang kita baca, pembicaraan apa yang kita antusias dan mana yang membuat kita jadi bosan,
Intinya DATA bisa menelanjangi kita, mengancam kita, bahkan bisa membahayakan kita dan orang terdekat kita.
Paranoid mungkin saja memang.. tapi dengan dunia sekarang ini memang membuat kita harus berhati-hati. Sadarkah Anda dengan mengunggah satu status di Twitter sekarng ini sudah aktif Geo Location-nya, dengan kata lain, semua yang terhubung dengan Tweet tersebut langsung tau posisi Anda dimana. Dan tahu kah Anda di Facebook sejak pertama kali Anda mendaftar dan aktif dengan Chatting Embed di dalammnya, maka semua percakapan Anda sejak pertama kali, tidak pernah di hapus di server FB dan hanya butuh beberapa kali klik untuk mengaktifkan dan membongkar nya kembali ?
Dan sekali lagi, apakah Anda yakin memberikan data-data pribadi Anda yang asli, saat tau bahwa walaupun Anda menghapus Account Anda, tapi data Anda tidak akan di hapus, karena telah tergabung dalam jaringan data kawan-kawan Anda yg banyak dan tidak memungkinkan untuk di hapus semua, dengan kata lain, hanya di non-aktif kan saja. Cobalah Anda hapus, kemudian 6 bulan kemudian, Anda sign up dengan nama Asli Anda yang dulu ada di account lama, maka semua kawan, data, game chat dan link yang pernah Anda sentuh secara perlahan muncul kembali.

Perlu kah jujur dengan data pribadi. Jujur lah sebagai Anda, jangan berlagak alim, menyenangkan dan sok perhatian, kalau memang Anda tidak begitu di dunia nyata, tapi saran saya, palsukan DATA Anda.

3 comments :

blog yng anda miliki bgus>>>
ya biarpun saya baru mulai ngeblog!!1

saya hanya blogwalking>>>
jika berniat liat blog saya kunjungin balik ya???

visit my site too
ST3 Telkom
and follow my social media instagram please :
Jalin Atma