ERP : Apa itu ERP

ERP adalah software. Bisa berjalan sebagai aplikasi desktop, bisa juga sebagai webapps (aplikasi web), dan biasanya punya aplikasi mobile...

Sunday, July 01, 2012

Kista (atau tumor) Thyroid


Kemarin saya dan istri keluar dari Rumah Sakit PCC (Private Care Center) Wahidin, UNHAS  di Makassar. Agak aneh memulai dengan akhir kejadian, tapi awalnya adalah 4 tahun yang lalu (sudah lama pula hehhe)


Awalnya adalah berita gembira, istri saya, akan melahirkan anak saya yang kedua. Lanjut, dia melahirkan dengan sempurna dan selamat. Anak saya perempuan. Seminggu kemudian, anak saya sehat wal afiat sampai sekarang, tapi di leher sebalah kanan depan istri saya ada muncul tonjilan sebesar kelereng yang lunak.  Awalnya oleh keluarga itu dianggap sepele akan tetapi lama kelamaan membesar.
Setelah berjalan beberapa bulan , kelenjar itu menghilang. Dan baru mucul lagi akhir bulan 11 tahun 2011 yang lalu.

Inisiatif kami memeriksakan ke dokter di RS Awal Bros sesegera mungkin. Dan setelah melalui serangkaian medical test, seperti USG, thorax rontgen dan pemeriksaan darah lengkap, akhirnya di ketahui tonjolan tersebut adalah kista pada bagian atas kelenjar gondok istri saya. Jinak, tapi tetap di rekomendasikan untuk diangkat melalui operasi. Setelah berdiskusi panjang lebar, di putuskan terapi herbal dulu ke salah satu sensei di Makassar.

Setelah berobat sekitar sebulanan, kista tersebut hilang. Menurut istri saya, tidak tenggelam tapi lenyap. Sangat menggembirakan, tapi di akhir bulan 4 yang lalu si kista muncul lagi, besar dan keras. Istri saya sudah merasa sangat terganggu dengan kemunculan itu, bahkan sering saat makan dia muntah akibat makanan yang turun ke tenggorokan terjepit dan susah untuk melewati kerongkongannya.

Akhirnya kami putuskan untuk operasi. Hari Rabu 27 Juni 202, operasi di lakukan. Sebelum operasi kami melakukan konsultasi, dan ternyata penyebab penyakit ini berkembang ada beberapa hal yaitu :

1.    Pola makan, dan jenis Makanan. Makanan ber-pengawet seperti mie instan yang di konsumsi bertahun-tahun membuat bibit penyakit menjadi subur dan berkembang cepat. Kurang minum air putih, kurang berolahraga, kurang asupan makanan berserat seperti buah, dan syuran, serta seringnya mengkonsumsi makanan dengan lemak jenuh tinggi , seperti jeroan, dll.

2.   Ikut KB, baik suntik atau pil. KB yang aman untuk seseorang dengan bibit tumor adalah kondom, spiral, jangan yang menggunakan obat-obatan.

Alhamdulillah operasi lancar, dan sekarang istri saya sudah bisa makan normal dan berbicara normal. Semoga artikel ini ada manfaatnya.

No comments:

My Blog Stats