Friday, June 29, 2012

Seri 1 : Duit Lewat Blog (Page Rank)

Siang, ..

Hari ini saya mau berbagi tentang apa yang disebut "monetize" blog. Simplenya nge-blog dapet duit, dari mana, dari iklan , dari Page impress, dari Click, dari Adsense-Google.


Saya hobby menulis, yang walaupun sekarang ini sudah sangat sulit menulis. Selain sulit dapat waktu, juga males.. hehehe . Sebenarnya andaikata hobby ini bisa saya disiplinkan, minimal seminggu ada 2 artikel di blog ini, maka otomatis duit dari mas Google dengan Adsense nya pasti lebih lancar.

Yah, saya sudah dapat duit dari Adsense, juga dapat berupa voucher untuk produk Google lainnya, AdWords. Tetapi hasilnya belum seberapa karena faltor malas dan waktu tadi. Sejak nge-blog dari tahun 2004, sampai sekarang, hanya beberapa puluh dollar aja.

Caranya, gampang-gampang susah. Syarat untuk bisa masuk Adsense itu yang susah. Dulu kalau tidak salah butuh score Page Rank 1 dulu,  baru bisa bermohon. Kalau traffik tidak masalah, tapi semua itu saling berhubungan juga. Artikel yang bagus, berisi akan mendatangkan pembaca yang tepat, yang mencari artikel seperti itu, dan traffik otomatis ikut. Kombinasi ke dua faktor tadi (Artikel, Trafik) akan menghasilkan penilaian berujung kepada score Page Rank.


Apa itu Page Rank ?

Sesuai WikiPedia Page Rank adalah adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan sebuah situs/web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google.

Sebuah situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang meletakkan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10.

Contoh: Sebuah situs yang mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil.
Blog ini baru Page Rank 4.
 Cara bekerja dari algoritma Page Rank ini adalah dengan link popularity, tetapi tidak hanya memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link. Pendekatan yang digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.

Link Popularity adalah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi lain (Meta Keywords, Meta Description) yang bisa dicurangi dengan halaman yang khusus di desain untuk search engine atau biasa disebut doorway pages. Dengan algoritma ‘PageRank’ ini, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keuar) dari setiap halaman web.

Dengan pendekatan yang digunakan PageRank, proses terjadi secara rekursif dimana sebuah rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya ditentukan oleh rangking halaman web lain yang memiliki link ke halaman tersebut. Proses ini berarti suatu proses yang berulang (rekursif). Di dunia maya, ada jutaan bahkan milyaran halaman web. Oleh karena itu sebuah rangking halaman web ditentukan dari struktur link dari keseluruhan halaman web yang ada di dunia maya. Sebuah proses yang sangat besar dan komplek.

Pada Wikipedia, untuk Page Rank ada penjelasan lebih detail bagaimana sebuah halaman web di beri nilai Page Rank.

Nah agar bisa memulai  "usaha sampingan" mendulang duit lewat Google Adsense, maka buatlah situs/web, tentukan teama web, beri nama/domain yang tepat, menulis lah artikel yang benar, jangan plagiat. Be original, kalaupun ada rujukan , tuliskan lah secara jujur .
Kemudian tunggu beberapa waktu agar Page Rank anda bisa menjadi tiket menuju Adsense. Cara mengecek Page Rank sangat banyak.
Search aja di atas blog ini dengan Key "Page Rank check" keluar tuh buanyaak !!1

OK. Kita lanjut lain kali di  Seri Duit dari Blog yang ke 2 (Blogger.com).
Thx

1 comments :

Numpang mampir melihat cara mendapatkan duit dari adsense google