ERP : Apa itu ERP

ERP adalah software. Bisa berjalan sebagai aplikasi desktop, bisa juga sebagai webapps (aplikasi web), dan biasanya punya aplikasi mobile...

Monday, September 17, 2012

Membuat Cloud Storage Sendiri

Dear readers..

Hari kamis lalu saya mencoba membuat Cloud storage sendiri. Kalau bingung mengenai kata Cloud, silahkan ke wikipedia. Cloud Storage sendiri adalah layanan berbasis Internet yang bisa kita akses dari mana saja. Contoh layanan storage online ini adalah  Dropbox, GoogleDrive, SkyDrive, Box.Net, dan lain lain.

Fungsi Storage Online adalah menempatkan data, gambar, dokumen, dalam server yang bisa digunakan dimana saja, bahkan terkadang langsung bisa digunakan dari web browser.


Oke lanjut, kita langsung ke cara menginstal Cloud server sendiri, menggunakan ownCloud. Persiapannya adalah, siapakan sebuah server atau PC saja, yang terkoneksi dengan jaringan agar bisa diakses dari device lain. Instal salah satu Linux distro, saya prefer ke Centos.

Download ownCloud dari sini.
Cara installnya bisa langsung dibaca di halaman ini.

Setelah sukses menginstall, Anda bisa menggunakan Sync Application di halaman ini sesuai dengan Client Operating System Anda masing-masing.

Setelahnya silahkan test dari pc lain, tembak melalui web browser , atau menggunakan aplikasi di iPhone atau Android.

Happy Cloudly Live heheheh !

3 comments:

Arman Idris said...

Ini mi yang fadly mau kasi liat, OwnCloud.

Dan secara tidak sengaja liat di storage server, ada fasilitas untuk itu ... :D

Rully Ardiansyah said...

Terima Kasih atas Infonya

Kunjungan Balik Nya Saya Tunggu

Ilfen-share said...

kren sob langsung di coba

My Blog Stats