Wednesday, September 26, 2012

Liburan Ke Singapura : Panduan, Tips dan Trik



Dear Readers ...

Sabtu lalu tanggal 22 September 2012, saya dapat rejeki nomplok, ikut bareng sama salah satu ISP jalan-jalan sekaligus nonton event F1 (balap Formula 1). Dan walaupun sudah sering keluar negeri, saya belum pernah ke SG sebelumnya, jadi saya melakukan sedikit research , bagaimana menjalani hari-hari di Singapura.

Walau sesama negara di Asia Tenggara, berbeda dengan Indonesia, Singapura sudah sangat maju, di lihat dari sisi mana saja. Jadi memang mesti perlu banyak informasi agar tidak malu-maluin disana atau paling tidak bisa keliling Singapura tanpa tersesat.

Sebagai gadget-freak, pastinya iPhone 4S saya persenjatai dengan aplikasi Sbb :

1.     Garuda App (GIA)
        App untuk booking, check-in, dan informasi penerbangan lainnya. App lain yang perlu adalah Flight Indonesia, yang meng-cover semua maskapai penerbangan di Indonesia.

2.    Singapore Maps, dari GuidePal
       Biar tidak tersesat.

3.    Evernote
       Biar info perjalanan bisa tersimpan dan digunakan selanjutnya.

4.    Social media Apps (FB, Twitter, Picasa)
       Buat update status, dan upload foto liburan dong...

5.    VoIP Call App (Viber, Skype)


Nah, yang paling jadi momok buat backpacker dan siapa saja yang berlibur ke luar negeri adalah tarif komunikasi (buat geek plus Internet). Untuk meng-siasati hal tersebut kita bisa mempersiapkan hal2 seperti ini :

1.   Roaming Ready. Pastikan no GSM Anda siap untuk roaming di Singapura.

2.   Jika menggunakan gadget/smartphone , dan rencana tidak mengganti nomer sekalipun di luar negeri, gunakan data plan yang sesuai dengan kebutuhan. Jika anda pengguna berat Social media, setting Blackberry untuk berbagai operator telah tersedia begitu pula iPhone. Kontak operator Anda utuk info ini.

3.   Saya merekomendasikan untuk beberapa negara, Anda lebih baik membeli kartu gsm lokal di bandara masing-masing. Biasanya menelepon dari luar ke Indonesia sangat lebih murah. Pengalaman saat di Australia, saya membeli kartu GSM lokal, dan tarif menelepon ke Makassar/Indonesia per-jam nya hanya sekitar 2000 rupiah heheheh...

4.   Saat di Singapura, dimana internet juga mahal, pilihan saya Adalah membeli Unlimited Data Plan untuk smartphone selama 3 hari (saya hanya 3 hari di SG), jadi saya bisa menggunakan Social Media tiap waktu, bahkan menggunakan iPhone saya sebagai modem untuk laptop (can't live without them) . Plus nya, dengan data plan unlimited 3G, saya bisa melakukan percakapan gratis ke Tanah Air dengan hanya menambahkan aplikasi Viber. Kebetulan istri saya menggunakan iphone juga, di rumah ada speedy unlimited dan istri saya (anak juga) menggunakan viber. Lengkap sudah. Biaya komunikasi hanya satugerbang yaitu Unlimited Data Plan Rp.250 ribu untuk 3 hari, dapat unlimited internet, socialmedia, dan Voice Call gratis !!

Nah, jalan-jalan tidak berarti tanpa belanja souvenir.. persiapannya sbb :

1.   Tukar duit. Ke money changer di bandara.  Saat ini $1 SG = 7400 rupiah.

2.    Untuk souvenir bagusnya jika di Singapura adalah Jam tangan kiloan. Jam tangan model ini lumayan bagus terlihat di tangan. Kalau tidak salah bisa dapat 4-5 buah seharga $10. Dengan harga ini, akan lebih baik membeli buah tangan jam, dibanding gantungan kunci hehehehe.

3.   Utuk kaos dan oleh-oleh  bisa langsung ke :  Lucky Plaza, Nge Ann City Mall, Queen Elizabeth Mall, Suntec City Mall.

4.   GADGET !  Singapura adalah surga gadget Asia.  Cek ke Slim Lim, Lucky Plaza, Nge Ann City!

Untuk transportasi murah meriah bisa menggunakan MRT (kereta api listrik/ Mass Rapid Transportation/Transit) di bawah singapora (yah singapore lebih ramai dibawah tanah dibanding diatas. Dan kerennya mereka punya 3 lapis loh).

Untuk keliling Singapore di atas permukaan, kita bisa menghabiskan 2-3 jam saja keliling. Bisa menggunakan bus, atau Hippo (bus turis 2 tingkat dengan area topless diatas nya). Dengan membayar $33 kita bisa keliling Singapura.

Landmark ! Tempat liburan terbaik di Singapura.

1.  Merlion. Mahluk berkepribadian ganda, bingung antara menjadi ikan merlin atau menjadi singa(lion). Terletak di sisi kiri Marina Bay (Pantai yang paling terkenal dan paling banyak landmark nya.
2.  Marina Bay Hotel.  Gedung kembar tiga dengan sebuah kapal pesiar besar diatasnya. Arsitektur yang luar biasa.
3.  Bianglala, di arena padang F1
4.  Padang. Lokasi F1 Tiap tahun.
5.  Esplanade.
6.  Universal Studio of Singapore.

Oke readers.. nanti kita update lagi yah..