Wednesday, July 31, 2013

Beragam Aplikasi Islam untuk Perangkat BlackBerry Anda


Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh semua umat Islam di seluruh dunia. Dalam rangka menyambut bulan suci ini, biasanya banyak sekali aplikasi ponsel yang disediakan khusus untuk menemani para pengguna untuk beribadah dengan lebih maksimal. BlackBerry sebagai smartphone terlaris di Indonesia juga tidak kalah dalam menyiapkan aplikasi Islam dan dengan keluaran BlackBerry 10 yang terbaru Anda akan lebih nyaman lagi menambah aplikasi baru. Beragam aplikasi dengan fitur yang berbeda-beda sudah tersedia, baik yang berbayar maupun gratisan. Berikut ini adalah review dari beberapa aplikasi Islam yang bisa Anda pilih.

Places Near Me (Tempat di Dekat Saya)

Yang pertama adalah aplikasi “Places Near Me”. Aplikasi ini berfungsi untuk membantu dalam mencari masjid yang paling dekat dengan Anda. Jadi, beribadah di masjid bukanlah hal yang sulit lagi meskipun Anda sedang berada di tempat yang asing. Yang lebih menarik, aplikasi ini tidak hanya mampu mencari masjid saja, namun juga beragam bangunan penting, seperti rumah sakit, pesantren, restoran hingga supermarket. Masing-masing bangunan sudah dilengkapi dengan informasi pendukung yang cukup lengkap. Mulai dari foto, peta, hingga fasilitas yang ada pada bangunan tersebut. Anda juga bisa menambahkan komentar mengenai tempat yang Anda kunjungi dan membagikannya kepada pengguna lain. Aplikasi ini sudah mendukung fitur “share” ke jejaring sosial yang Anda miliki, seperti Facebook dan Twitter.

Prayer Times (Waktu Shalat)

Selanjutnya adalah aplikasi “Prayer Times”. Aplikasi ini bermanfaat sebagai pengingat jadwal shalat. Prayer Times akan otomatis mengaktifkan fitur getar pada Blackberry Anda disertai dengan alarm Adzan saat waktu shalat telah tiba. Terdapat juga fitur count down atau hitung mundur dari shalat yang satu ke shalat lainnya. Yang menarik adalah Prayer Times akan menyesuaikan waktu shalat tergantung dari tempat Anda berada. Misalnya saat Anda sedang berada di Timika, lalu berpindah ke Bandung bahkan negara tetangga. Tentunya aplikasi ini akan meminta persetujuan Anda terlebih dahulu untuk mengaktifkan Detect My Location (Mendeteksi Lokasi Saya) agar bisa menyesuaikan dengan lokasi Anda berada. Alarm Adzan yang cukup keras dijamin mampu membangunkan Anda untuk shalat Subuh dan lainnya. Anda juga bisa mengatur settingan apakah ingin diatur dengan alarm atau sekedar notifikasi getaran saja.

Muhasabah


Ingat dengan buku Amaliah Ramadan yang biasa Anda isi waktu duduk di bangku sekolah dasar? Aplikasi Muhasabah akan mengingatkan Anda dengan buku tersebut. Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan evaluasi sendiri terhadap semua ibadah yang Anda lakukan, seperti shalat wajib, shalat sunah, puasa, baca Al Qur’an dan masih banyak lagi yang lain. Anda cukup mengisi data pada Muhasabah secara rutin. Fitur ini secara otomatis akan menunjukan hasil dari ibadah Anda dalam bentuk grafik. Anda juga bisa mengatur apakah ingin melihat grafik secara harian, mingguan atau bulanan. Kemudian aplikasi ini akan memberi penilaian terhadap grafik tersebut, mulai dari worst (paling buruk) hingga excellent (paling bagus).

The Quotes (Kutipan)

 “The Quotes” merupakan aplikasi yang bisa Anda pilih apabila Anda membutuhkan motivasi secara islamiyah. Aplikasi ini akan memberikan ghirah dan taujih yang semuanya berasal dari Al Qur’an dan Hadist. Yang lebih menarik, ucapan motivasi yang Anda dapatkan bisa disesuaikan dengan kejadian islamiyah yang sedang terjadi. Sebagai contoh, jika Anda sedang di bulan Ramadhan, maka ucapan motivasi yang Anda dapatkan semuanya berhubungan dengan puasa, seperti manfaat puasa dan sebagainya. Untuk mengaktifkannya, Anda bisa mengaturnya di fitur Options (Pilihan). Setelah diaktifkan, maka The Quotes akan mengirimkan ucapan motivasi secara rutin pada BlackBerry Anda. Jika tidak diaktifkan, Anda tetap bisa mendapatkan ucapan motivasi dengan mengakses The Quotes secara manual.

Supplication (Doa)

Aplikasi yang terakhir adalah “Supplication”. Aplikasi ini berguna untuk mengingatkan Anda akan doa-doa harian yang penting. Terdapat beragam jenis doa yang bisa Anda pilih sesuai dengan aktivitas yang sedang Anda lakukan. Ada dua pilihan bahasa yang bisa Anda atur sendiri, yaitu Bahasa Indonesia dan Inggris. Fitur ini hampir mirip dengan fitur The Quotes. Perbedaannya hanya terletak pada hilangnya fitur stream pada aplikasi Supplication.

Semua aplikasi tadi bisa digunakan di semua versi BlackBerry, mulai dari versi 4 hingga Z10.

Saya berharap informasi-informasi diatas dapat membantu Anda supaya bisa beribadah dengan lebih nyaman menggunakan perangkat ponsel Anda. Selamat mencoba!

Jika suka dengan artikel ini, silakan di klik suka (like) atau berikan komentar Anda di kotak komentar yang tersedia. Saya ucapan terima kasih atas kunjungan, kritik atau sarannya.

Penulis: Nina Lia (http://ninokikira.wordpress.com/)