ERP : Apa itu ERP

ERP adalah software. Bisa berjalan sebagai aplikasi desktop, bisa juga sebagai webapps (aplikasi web), dan biasanya punya aplikasi mobile...

Thursday, October 11, 2012

Acar Telur Ikan Terbang

Salah satu kuliner paling khas di makassar adalah acar telur ikan terbang.. Ikan terbang yang bahasa lokal nya di sebut ikan tuing -tuing .
Dan rumah makan yang menyediakan juga tidak banyak. Dua di antaranya adalah

Rumah Makan Apong
Jl. Diponegoro

Rumah Makan Nelayan
Jl. Ali Malaka

Acar ikan ini adalah telur ikan terbang, segar, yang di siram dengan air mendidih sehingga menghilangkan bau amis dan kuman, tapi juga tidak mematangkan telur. Sehingga saat di konsumsi menimbulkan sensasi yang tidak bisa digambarkan lezatnya saat telur-telur tersebut pecah didalam mulut.

Kalau saya biasanya memesan juga Kerang lokal makassar yang bahasa lokalnya disebut "tude". Di rebus biasa atau di tumisa menggunakan saos , kemudian menjadi lauk utama untuk teman acar ikan .
Setahu saya, panganan semacam ini hanya orang Makassar saja yang menyajikan seperti ini, Ada kemiripan dengan telur ikan yang biasa digunakan sebagai topping sushi di Jepang (berwarna orange), tapi telur ikan terbang ini lebih segar karena tidak melewati pengawetan, sedangkan telur ikan untuk sushi diawtkan terlebih dahulu dengan air garam.
Sepertinya bakal balik ke resto ini dalam waktu cepat... yummy...

No comments:

My Blog Stats