Saturday, September 28, 2013

Tips Terbaik Menggunakan Fitur Fitur Terbaru iOS 7

Perubahan yang sangat drastis terjadi saat iOS 7 Anda benamkan pada iDevice Anda. Dan beberapa hal memang mesti kita pelajari utuk bisa menggunakan OS baru ini dengan maksimal. Tulisan ini hadir untuk membantu Anda semua mencoba menggunakan iOS 7 dengan maksimal :

1.   Searching : Swipe Down
 Fasilitas Search yang saat iOS terdahulu  adalah tekan tombol Home sekali di layar utama, berganti dengan lebih simple. Usap ke arah bawah di halaman mana saja, akan memunculkan kotak pencarian di bagian atas layar. Kotak Search ini akan mencari seluruh content iDevice yang punya relasi dengan keyword yang Anda masukkan.


2. Swipe Up : Function Toggles
Pada versi sebelumnya untuk menghidupkan, atau mematikan fungsi seperti wifi , personal , Air Plane Mode, Brightness dll, maka kita perlu beberapa kali sentuhan . Saat ini iOS7 menyediakan satu set saklar virtual untuk keperluan Anda. Usap dari halaman mana saja dari dasar layar ke atas akan memunculkan 6 baris fungsi saklar sentuh, mulai layer pertama untuk Airplane Mode, WiFi, Bluetooth, Do Not Disturb, dan Orientation Lock. Kemudian layer kedua merupakan Brightnes Slider, layer ke tiga adalah pemutar Music sekaligus Volume Slider, layer ke empat AirDrop (dibahas nanti yah), dan layer terakhir terdiri dari Torch (senter) Kompas, Calculator dan Camera.

3.  Menampilkan Informasi Tanggal dan Waktu Pada iMessage  dan SMS.
Selama ini saat kita melakukan chating dan sms pada iDevice, yang ditampilkan hanya percakapan awal dan akhir saja. Walaupun banyak terjadi percakapan dalam range tersebut, yang ditampilkan hanya awal dan akhir. Sekarang kita bisa melihat informasi waktu seluruh cht dan sms tersebut. Swipe/Usap dari kanan ke kiri dalam percakapan iMessage dan SMS, maka seluruh percakapan ternyata terdapat data waktu disebelah kanan percakapan.

4.  Waterpass (Level) Pada Kompas
Yup. Ada lagi tools yang agak sedikit aneh diselipkan. Masuklah ke aplikasi kompas bawaan iOS 7. Swipe ke kiri saat kompas terbuka, itu adalah Level (waterpas) yang bisa kita gunakan mengukur bidang datar dengan simple dan benar.

5.  Safari Tabs
3D. Itu yang terjadi saat anda menekan tombol tab di bagian ujung kanan bawah layar Safari Browser. Dan saat Anda ingin menutup tab, simple swipe ke kiri.. selesai.

6.  Call, SMS, FaceTime Blocking.
Yah sekarang kita bisa melakukan blokir terhadap telepon masuk, SMS masuk, dan FaceTime yang tidak diinginkan. Masuk ke Settings > Phone > Blocked; Settings > Messages > Blocked; or Settings > FaceTime > Blocked. Tapi hati hati readers.. Jika Anda melakukan blocking pada Call, maka jika no tersebut terdaftar di FaceTime maka otomatis terblokir juga.

7.  Aplikasi Pengguna Data Seluler
Saat ini iDevice bisa memberikan manajemen aplikasi mana yang bisa menggunakan data seluler mana yang tidak. Masuk Ke Settings > Cellular, scroll ke bagian bawah, disitu ada list aplikasi yang bisa kita atur.

8. Multitasking Handling
Jangan mencari icon dibagian bawah layar saat klik Home 2 kali saat ini. Untuk melihat dan berpindah aplikasi, tekan home 2 kali, maka akan mucul list layar aplikasi kecil beserta icon apps nya. Untuk berpindah simply choose one, untuk mematikan, pilih aplikasi dan swipe ke atas.

9.  AirDrop
Utility untuk bertukan foto dan video. Hanya untuk iphone 5 ke atas. Hidupkan bluetooth atau wifi, maka semua device iOS 7 di sekitar kita akan tampil saat kita memilih foto pada Pictures , klik gambar, pilih icon kotak plus panah di kiri bawah sudut, Ada menu AirDrop. Pada menu itu akan muncul teman-teman Anda yang punya iOS7 devices. Pilih dan swooshh secepat kilat foto bahkan video berpindah dengan sangat cepat.

Itu dulu yah.. ntar disambung





0 comments :