Tuesday, April 16, 2013

Dropbox, Penyimpanan Data Online Yang Kaya Fitur


http://db.tt/XenfmUf5

Sekarang ini sudah tidak jaman lagi menenteng External Hardisk, atau membawa flashdisk di saku sebagai alat tukar menukar dan salin menyalin data. Dengan murahnya internet, cafe dengan hotspot dimana-mana dan gadget yang sudah punya kemampuan luar biasa, maka semua bisa menjadi mudah dan menyenangkan.

Salah satu layanan Cloud Storage , bisa disebut malah yang paling populer adalah Dropbox. Banyak layanan sejenis seperti Google Drive, Sky Drive, dan banyak lagi yang menawarkan hal yang sama, Cloud Storage.

Namun Dropbox punya fitur yang saya sangat sukai yaitu Multiple Device Sync . Dimana kita bisa menginstall aplikasi Dropbox di semua device kita seperti laptop, macbook, iPad, bahkan iphone dan Android kita, namun data kita keseluruhan akan di Syncronize, dan akan di update menurut device mana yang melakukan perubahan terhadap data kita.

Maksud saya bukan hanya syncronize berapa jumlah file, file yang baru kita tambahkan atau file yang baru saja kita hapus, tapi sudah masuk ke dalam konten file. Untuk contohnya, saat kita menambahkan satu baris kata pada file contoh.doc di PC kita di kantor, maka otomatis beberapa saat kemudian, file contoh.doc di pc rumah kita (yang online tentu saja) juga akan menambah satu baris kata, juga file contoh.doc pada ipad tentengan kita.
Jadi kita tidak perlu lagi membawa laptop di kantor pulang kerumah untuk lanjut bekerja (jika ada PC online di rumah), dan di perjalanan pulang kita masih bisa lanjut bekerja menambahkan beberapa baris pada file yang sama, dan sesampainya di rumah tanpa melakukan apa-apa, PC kita sudah terupdate file tersebut pada versi terakhir yang kita lakukan dengan ipad di perjalanan tadi.

Versi gratisnya hanya 2GB, memang lebih sedikit di banding Google Drive dan Sky Drive  yang masing masing memberikan kita 5 GB akan tetapi fitur diatas benar-benar menolong saya.
Kemudian versi Desktop dari Dropbox juga menawarkan Pictures import terhadap Camera yang kita colok, ataupun Hardisk/Flashdisk yang baru saja kita colok ke PC terinsntall Dropbox.

Tertarik langsung saja download di link ini, semoga membantu.